Kamis, 28 April 2011

DIKLAT PEMBELAJARAN TEMATIK SD KELAS RENDAH LPMP

Pembelajaran Tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang akan diterapkan di kelas rendah (kelas 1, 2 dan 3) Sekolah Dasar yang menerapkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan). Untuk lebih memahami bagaimana skenario pembelajaran Tematik, maka Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Barat pada tanggal 12 s.d. 15 Juni 2007 telah melaksanakan Diklat Pembelajaran Tematik yang diikuti 30 orang guru - guru Sekolah dasar dari Kota Pontianak dan sekitarnya.
Selama 4 hari perkulihan banyak hal menarik dari kegiatan ini. Materi diklat selama kegiatan ini terdiri dari Filosofi Pembelajaran tematik (Dra. Sri. Murtini dan Jeperis nahampun, S.Si) Penjabaran SK, KD ke dalam Indikator (Dra. Sri. Murtini dan Drs. H. Firnando, M.Ed), Analisis Pemetaan Tema dan Jaringan Tema (Mujahir, M.Pd), Penilaian (Asep Sutisna, S.Pd), Pengembangan Silabus (Ardiani Mustikasari, S.Si dan Suhendri, S.Pd), Penyusunan RPP (Kasm, S.Pd, M.Si dan Jeperis Nahampun, S.Si).
Semua peserta kelihatan sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi namun ada banyak pertanyaan dari peserta yang membuat kita lha gini toh pemahaman guru terhadap tematik, secara khusus atau KTSP secara umum.
Namun dengan sabar para widyaiswara melayani setiap pertanyaan dari peserta sehingga apa yang menjadi mindset (pola pikir) mereka selama ini dapat diubah sedikit demi sedikit.
Di samping itu masih ada yang kurang pas dari pelatihan ini, yaitu peserta sebagian bukan guru kelas rendah melainkan guru kelas 4, 5, dan 6. Sehingga ada ketidak sesuaian dengan apa yang mereka lakukan di sekolah masing-masing. Kiranya ini menjadi suatu harapan agar ke depan benar-benar sesuai dengan apa yang kita harapkan. Semoga. Tak lupa para widyaswara mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar